Si Fenomena Langka, Super Blood Moon

Alo, Covriends!

Kabar kalian bagaimana, nih? Covriends tau ngga peristiwa langka yang terjadi tiga hari lalu? Yap, bener banget. Tiga hari lalu, lebih tepatnya tanggal 26 Mei 2021, baru saja terjadi gerhana bulan total loh, Covriends!

Gerhana bulan merupakan peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi, sehingga cahaya matahari tidak sampai ke bulan. Ketika gerhana bulan total terjadi, posisi matahari, bumi, dan bulan sejajar sehingga membuat bulan berada di umbra bumi.

Tapi gerhana bulan kali ini spesial loh, Covriends! Gerhana yang terjadi pada 26 Mei lalu adalah Super Blood Moon. Yap, sesuai dengan namanya, Blood Moon, pada gerhana kali ini bulan terlihat berwarna merah. Hal ini disebabkan karena bulan berada di umbra bumi ketika puncak gerhana bulan total terjadi. Lalu, karena pada malam itu posisi bulan berada di posisi terdekat dengan bumi, maka bulan terlihat lebih besar dari fase-fase purnama biasa, sehingga disebut dengan Super Moon.

Peristiwa ini pastinya mendapat antusias yang besar dari masyarakat. Astronomi Yogyakarta menyiarkan peristiwa langka tersebut melalui kanal digital yang disebar luas untuk ditonton di semua kalangan. Ngga kalah seru, peristiwa ini juga disaksikan secara langsung melalui enam teleskop di Markas Jogja Astro Club loh, Covriends. Pada malam itu, terdapat sekitar 100 pengunjung yang bergantian untuk menyaksikan peristiwa langka itu secara langsung. Walau ramai, pihak JAC selalu memastikan pengunjungnya tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan pengamatan itu bertujuan untuk mengedukasi masyarakat seputar fenomena astronomi. Terlebih, peristiwa gerhana bulan malam itu bertepatan dengan posisi perigea di mana posisi bulan dan bumi berada pada jarak terdekat.

Nah, keren banget kan Super Blood Moon itu. Covriends sempat menyaksikannya ngga, nih? Semoga informasi ini bermanfaat, ya! Sampai ketemu lagi, Covriends!

 

Referensi:

https://www.kompas.com/sains/read/2021/05/26/160100823/gerhana-bulan-total-kenapa-berwarna-merah-dan-disebut-super-blood-moon?page=all

https://nasional.tempo.co/read/1466104/seratusan-warga-yogya-datangi-jogja-astro-club-saksikan-gerhana-bulan-total