8 Manfaat Mengkonsumsi Buah Nanas

Alo, Covriends!

Siapa sih yang gak tau buah nanas? Buah tropis yang berasal dari Amerika Selatan, yang ujungnya tajam (tapi bukan durian) dan daun nya berdiri tegak diatasnya. Yang jadi rumah nya Spongebob itu loh. Pasti kalian tau kan? Tapi tau gak sih, kalau buah nanas ini punya banyak manfaat saat dikonsumsi?

Kira-kira manfaatnya ada apa aja ya? Dilansir dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara, ini dia 8 manfaat dari mengkonsumsi buah nanas!

1. Kaya Akan Nutrisi

Nanas adalah buah yang tergolong rendah kalori namun memiliki banyak nutrisi. Nanas memiliki kandungan vitamin C, mangan, tembaga, folat, kalium, magnesium, niasin, zat besi, dan vitamin A. Banyak sekali kan?

2. Sebagai Antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh melawan senyawa oksidatif. Sedangkan oksidatif adalah keadaan di mana terdapat terlalu banyak radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas ini berinteraksi dengan sel tubuh dan menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan yang lemah, dan banyak penyakit berbahaya. Manfaat dari makan buah nanas akan mencukupi asupan flavonoid dan asam fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan.

3. Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah nanas untuk kesehatan berikutnya adalah melancarkan sistem pencernaan. Nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain. Enzim ini berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein, seperti menjadi asam amino dan peptida. Jadi kalian bisa lebih lancar dalam melakukan BAB. Siapa nih yang BAB nya masih kurang lancar? Mengkonsumsi nanas adalah salah satu solusinya!

4. Mengurangi Resiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan, nanas dan senyawanya dapat menurunkan risiko kanker. Ini karena manfaat buah nanas dapat meminimalkan senyawa oksidatif dan mengurangi peradangan. Keren banget bukan?

5. Meningkatkan Imunitas

Buah nanas mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan enzim, seperti bromelain yang dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan. Jadi, buah nanas cocok banget buat dimakan di saat-saat pandemi seperti ini!

6. Meringankan Gejala Arthritis

Nanas mengandung bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi, umumnya dianggap dapat meredakan nyeri bagi penderita radang sendi. Sehingga jika mengkonsumsi nanas secara rutin, kita bisa meringkan gejala radang sendi atau arithritis.

7. Mempercepat Pemulihan Pasca Operasi

Tau gak sih? Ternyata makan buah nanas bisa mempercepat pemulihan orang yang baru saja dioperasi loh! Hal ini disebabkan oleh sifat anti-inflamasi bromelain. Bromelain dapat mempercepat pemulihan kerusakan yang disebabkan oleh olahraga berat dengan mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak. Jadi kalau ada orang disekitar kalian yang habis melakukan operasi, mungkin kalian bisa memberikannya buah nanas sebagai hampers.

8. Jadi Menu Diet

Dan yang paling terakhir, nanas memiliki rasa asam manis sehingga cocok untuk tambahan makanan saat diet. Kemudian, harga nanas juga sangat terjangkau dan tersedia sepanjang tahun di pasar. Cocok banget buat dimakan saat kalian sedang melakukan diet!

Jadi gimana nih Covriends? Kalian jadi teratrik untuk mengkonsumsi nanas gak? Atau mungkin kalian sudah suka mengkonsumsi nanas dari dulu? Semoga informasi ini bermanfaat buat Covriends ya!

 

 

Refrensi:

http://dinkes.kukarkab.go.id/baca-berita-575-manfaat-buah-nanas-untuk-kesehatan.html#